Jalan Belum Dibangun, Warga Banyuroto Menghadap Bupati

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Warga Kalurahan Banyuroto Kapanewon Nanggulan mempertanyakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo kapan ruas jalan Watu Kodok, Banyuroto – Gegunung Kalurahan Sendangsari Pengasih akan mulai dibangun. Menurut mereka infrastruktur tersebut vital untuk akses masyarakat baik untuk peningkatan roda perekonomian, kesehatan maupun pendidikan masyarakat.

“Warga terdampak limbah cair (lindi) dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Banyuroto khususnya pemilik sawah sudah tidak mempersoalkan tapi sebagai gantinya, warga mengusulkan ruas jalan Watu Kodok – Gegunung diperlebar sehingga bisa memperlancar akses masyarakat. Tapi ternyata usulan yang semula sudah masuk APBD Murni 2020 dihapus karena terkena refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19. Kami bisa maklumi kondisi tersebut, tapi ternyata di APBD Tambahan 2020 ternyata juga tiak muncul. Sehingga perwakilan warga mempertanyakan kepada pejabat pemkab,” kata tokoh masyarakat Banyuroto Bambang Nurcahyo, Kamis (19/11).

Diungkapkan, dalam audiensi dengan Bupati Drs Sutedjo bersama jajaran diantaranya, Asekda II Bambang Tri Budi Hartono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Ir Gusdi Hartono dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sumarsono di ruang Menoreh Kantor Bupati setempat, warga mempertanyakan komitmen dan keseriusan pemkab dalam merealisasikan pembangunan ruas jalan tersebut.

Masyarakat tidak habis pikir mengapa ruas jalan Watu Kodok – Gegunug lewat Jembatan Sambiroto yang selama ini luasnya baru 2,5 meter kok tidak segera dibangun, padahal sudah diusulkan warga dari tahun 2014 silam. “Warga ingin ruas jalan tersebut dilebarkan dan semua warga setuju dengan merelakan lahan mereka tanpa minta ganti rugi untuk dibuat jalan. Bahkan pohon-pohon yang ada sudah ditebang, tapi kok ya belum direaliasikan,” tuturnya menambahkan tentang limbah pihak Dinas PUPKP Kulonprogo menyampaikan akan membuat fasilitas sebaik-baiknya.

BERITA REKOMENDASI