Jalan Semakin Rusak, Anggaran Cuma Rp 2,5 Miliar

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kerusakan jalan semakin parah di sejumlah ruas milik Kabupaten Purworejo sejak memasuki musim hujan akhir tahun 2017. Namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya menerima alokasi Rp 2,5 miliar untuk pemeliharaan jalan dalam APBD Perubahan 2017.
  
Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo Ir Suranto mengatakan, pemkab akan memelihara jalan berdasar skala prioritas. "Dengan keterbatasan anggaran ini, tentu tidak bisa menjangkau seluruh kerusakan," ujarnya kepada, Rabu (7/12).

Panjang jalan rusak berat dan rusak sedang di Kabupaten Purworejo sepanjang kurang lebih 215,3 kilometer (km). Sementara dalam kondisi baik dan sedang 553,8 km. 

Idealnya, untuk memelihara jalan rusak dibutuhkan anggaran Rp 30 juta perkilometer dengan kriteria kerusakan maksimal sepuluh persen. Suranto menambahkan, dibutuhkan dana kurang lebih Rp 21 miliar untuk memelihara seluruh ruas milik kabupaten. Namun DPRD Purworejo hanya mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar pada APBD murni 2017. 

"Dana itu habis pada Juli 2017, dan kami dapat alokasi lagi pada anggaran perubahan. Meski terbatas, akan tetap dimaksimalkan," ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI