Jalan Tak Sesuai Standar Dibongkar

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Temanggung membongkar jalan beton proyek peningkatan jalan Maron Kandangan Temanggung, tepatnya di Desa Magetan Kecamatan Kandangan karena tidak sesuai dengan standar, Rabu (24/8).

 

Cor beton di sisi kanan dan kiri jalan raya itu dibongkar dengan alat berat lalu diangkut dengan sejumlah truk yang telah dipersiapkan untuk dibuang di pekarangan warga sebagai urug.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Jalan Maron Kandangan Temanggung Mucharom ST mengatakan pembongkaran karena tidak sesuai spesifikasi atau standar yang ditentukan. " Ketebalan beton harusnya 30 centimeter namun berdasar pemeriksaan hanya 25 centimeter," katanya.

Dia mengemukakan sebelum pengecoran seharusnya tanah telah dipadatkan sehingga kuat, tetapi kenyataan masih gembur. Kualitas campuran beton juga dikurangi, dampaknya beton menjadi retak-retak. Jika nanti diaspal jalan menjadi retak dan tidak bertahan lama.

Pembongkaran, katanya, adalah langkah terbaik. Langkah itu merupakan hasil rapat dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, konsultan dan penerima hasil. Setelah dibongkar rekanan harus mengecor beton lagi dan harus sesuai spesifikasi.

Dikemukakan proyek tersebut didanai bantuan gubernur Jawa Tengah 2016 dengan total dana Rp 1,8 miliar. Pada proyek itu dilakukan pengecoran sepanjang 1,2 kilometer pada sisi kiri dan kanan masing-masing satu meter, dengan ketebalan 30 centimeter, yang kemudian dilakukan pengaspalan didatasnya. Proyek sendiri dikerjakan oleh CV Alam Raya Temanggung.(Osy)

BERITA REKOMENDASI