Jalan Tawangsari Longsor, Ganggu Akses Warga Tujuh Desa

PURWOREJO (KRjogja.com) – Jalan poros desa di RT 06 RW 01 Dusun Bulu Desa Tawangsari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, longsor. Akibatnya akses ribuan warga di tujuh desa wilayah Kaligesing terhambat.
Bencana tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur desa selama dua hari berturut-turut pada Jumat (23/9/2016) dan Sabtu (24/9/2016).

"Minggu pagi terjadi longsor, jalan sepanjang 30 meter dengan lebar tiga meter terseret longsor. Tiga hari ini akses warga sangat terganggu, bahkan bisa dikatakan terisolasi," ujar Slamet Mujiono, Kepala Desa Tawangsari, kepada KRjogja.com, Selasa (27/9/2016).

Jalan ambles masuk jurang sedalam 50 meter. Putusnya jalan tersebut mengganggu aktivitas penduduk Desa Tawangsari, Tlogobulu, Purbowono, Sumowono, Ngadirejo, Pandanrejo dan Sudorogo.

Menurutnya, jalan itu digunakan warga mengakses Pasar Pendem, Kecamatan Kaligesing dan pusat Kota Purworejo. Selain itu, jalan juga menjadi akses utama penghubung Kaligesing dengan Kecamatan Loano.

Tokoh warga Tawangsari, Rame (60) menambahkan, jalan tersebut merupakan jalur ekonomi yang penting bagi warga. Namun ruas tersebut masih berstatus jalan desa.

Dikatakan, pemerintah desa tidak akan mampu membangun dan memelihara jalan tersebut. "Kemampuan desa sangat terbatas, tidak akan sanggup jika diserahi tanggung jawab membangun dan memelihara jalan. Apalagi akses itu termasuk akses antar kecamatan," ungkapnya.

Pemerintah belum mengucurkan bantuan untuk memperbaiki jalan itu. Warga melakukan kerja bakti membangun jalan baru di sebelah akses yang longsor. "Pemilik tanah mengizinkan lahannya untuk dibuat jalan. Tetapi kami baru bisa membuat jalan tanah, untuk dibangun permanen, belum tahu kapan," ucapnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI