Jalankan Bisnis Pertanian Organik Perlu Ada Strategi

MAGELANG, KRJOGJA,com – Dalam menjalankan bisnis pertanian organik juga perlu ada strategi, salah satunya mengenali potensi dan segmentasi pasar serta komoditas yang cocok. Selain itu juga mindset agriculture ke agribusiness.

Demikian antara lain dikemukakan salah satu tokoh milenial pertanian, yang juga Kelompok Tani Citra Muda dan founder sayur organik Merbabu, Shofyan Adi Cahyono SP, saat berbicara di forum webinar Sekolah Tani Mandiri Muhammadiyah yang ke-3 yang dilaksanakan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma), Jumat (24/9/2021) sore.

“Strategi yang lain menguatkan kelembagaan petani, manajemen pola tanam dan standarisasi mutu, menerapkan analisis usaha tani, menerapkan penjualan online dan tekun serta konsisten,” jelas Shofyan Adi Cahyono.

Juga disampaikan bagaimana budidaya sayuran organik yang baik dan benar, diantaranya dengan pemilihan lokasi produksi dan lahan, pengelolaan lahan dan air, pemilihan benih tanaman, pemeliharaan tanaman, pengendalian hama dan penyakit tanaman, serta panen dan pasca panen.

BERITA REKOMENDASI