Jalur Alternatif Bagelen – Kulonprogo Terganggu

PURWOREJO (KRjogja.com) – Jembatan di Dusun Tepus Desa Somorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo putus akibat tanah longsor. Akibatnya akses alternatif warga Kecamatan Bagelen menuju Kulonprogo Yogyakarta terganggu. 

"Jembatan ada di jalan kabupaten yang merupakan akses di perbatasan. Hujan deras beberapa hari terakhir menyebabkan bencana itu," ungkap Bambang Eko Saputro, Sekretaris Desa Somorejo kepada KRjogja.com, Rabu (07/12/2016).

Warga, katanya, berswadaya membangun jembatan darurat dari bambu. Namun akses itu hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki. Sementara pemilik mobil dan truk di Tepus yang akan menuju Yogyakarta, harus memutar hingga 12 kilometer melewati jalan desa.

Menurutnya, jembatan itu bernilai penting sebagai akses pendidikan dan ekonomi warga Tepus. "Setelah putus, warga kesulitan menjual hasil bumi. Memang ada jalan memutar, namun kondisinya rusak parah, beda sekali dengan jalanan di Kulonprogo yang sudah bagus," terangnya.

Pemerintah desa melaporkan longsornya jembatan ke kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo. (Jas)

BERITA REKOMENDASI