Jalur Alternatif Purworejo – Wonosobo Ambles

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Gorong-gorong jalan provinsi penghubung Kabupaten Purworejo dengan Wonosobo ambles di perbatasan Desa Plipiran Kecamatan Bruno dengan Wonosuko Kemiri, Rabu (14/03/2018). 

Ruas Kutoarjo – Kepil itu berlubang selebar 1,5 meter dengan kedalaman lebih dari dua meter. Jalan ambles secara tiba-tiba sekitar pukul 11.00. "Tidak ada tanda sebelumnya, kami lewat aksesnya masih rata," ujar warga Desa Wonosuko Ngadino, kepada KRJOGJA.com.
  
Tanda jalan bakal ambles baru terlihat beberapa saat sebelum kejadian. Jalan mulai bergelombang lalu retak, bahkan menyebabkan Tutur dan Dwi, dua pengendara motor warga Dusun Peniron Desa Plipiran Kecamatan Bruno terjatuh. Berlubangnya jalan menyebabkan kendaraan harus hati-hati melintas. Lalu lintas tersendat karena hanya seperempat badan jalan yang dapat dilalui kendaraan.

Kaur Pemerintahan Desa Wonosuko Yusuf menambahkan, kejadiandilaporkan kepada polisi dan telah ditindaklanjuti Dinas Bina Marga Kutoarjo. "Sementara penanganan darurat dengan memagari jalan ambles sehingga tidak membahayakan," tuturnya.
 
Menurutnya, jalan itu merupakan akses utama warga yang tinggal di wilayah Barat Purworejo untuk menuju Kecamatan Bruno dan Kabupaten Wonosobo. "Jalan itu selalu ramai, tidak hanya digunakan warga Purworejo, tapi juga daerah lain," ungkapnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI