Jamaah Haji Purworejo Apel Peringati HUT Ke-74 RI

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Ratusan jamaah haji dan petugas haji asal Kabupaten Purworejo melaksanakan apel memperingati HUT Ke-74 di loby Hotel Wehdah Al Khair, Sabtu (17/8) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Meski tidak ada pengibaran bendera, namun apel berjalan khidmat dan haru.

Apel dilaksanakan sesuai protokoler upacara resmi. Setelah pasukan siap, dilakukan penghormatan terhadap bendera Merah Putih yang dipegang seorang jamaah haji. "Tidak ada pengibaran karena tempat tidak memungkinkan, namun demikian, kami senang sekaligus terharu bisa ikut merasakan gempita kemerdekaan di Tanah Suci," ujar jamaah haji yang juga Anggota DPRD Purworejo, Luhur Pambudi Mulyono, dalam komunikasi seluler dengan KRJOGJA.com.

Apel dipimpin Saefrudin, jamaah warga Desa Trirejo Loano yang berprofesi sebagai anggota Polres Purworejo. Sementara mantan Wakapolres Purworejo, Maryono, bertugas sebagai pembina upacara.

Pegawai RSUD Nur Faizah sebagai dirigen upacara, sedangkan pembaca doa dilakukan Zaenal Fitri yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala KUA Kecamatan Kutoarjo. Apel sederhana itu, kata Luhur, diselenggarakan dalam kondisi alam yang kurang bersahabat mengingat suhu di luar hotel mencapai 45 derajat celcius.

Meski demikian, apel berjalan lancar. "Tidak ada kendala, semua lancar. Ini pengalaman baru bagi kami, memperingati tujuh belasan di Arab Saudi, salah satu negara yang paling awal mengakui kemerdekaan Indonesia," tuturnya.

Sebelum apel, jamaah juga menggelar malam tirakatan di musala hotel. Kegiatan dilaksanakan setelah salat Isya berjamaah. Tirakatan hanya diisi membaca tahlil dan memanjatkan doa.

Tirakatan juga disisipi pengajian oleh Kepala Kantor Kemenag Purworejo Bambang Sucipto. Selain itu jamaah juga mendapat materi kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air yang disampaikan Luhur Pambudi Mulyono. (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI