Jambore Pokdarwis Kembangkan Desa Wisata

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Festival Desa Wisata yang dikemas dalam jamboree kelompok sadar wisata (Pokdarwis) diharap mampu mengembangkan desa wisata di Kabupaten Purworejo. Dari kegiatan ini masing-masing desa menampilkan andalan wisata yang dapat merangsang kehadiran wisatawan di desa itu.

“Jambore Pokdarwis dan Festival Desa Wisata merupakan agenda tahunan untuk meningkatkan kapasitas anggota Pokdarwis serta memacu pengembangan desa wisata,” kata Pelaksana Teknis Kegiatan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Wagino SPd, Rabu (13/3).

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo dan Alun-alun besar Purworejo ini diikuti 24 Pokdarwis dari berbagai desa se-Kabupaten Purworejo. Beragam kegiatan dikemas kompetisi untuk memacu semangat Pokdarwis dalam mengembangkan dan memajukan desa wisata yang ada di wilayahnya. Seluruh Pokdarwis diuji wawasannya terkait pengelolaan Pokdarwis melalui tes tertulis. “Mereka juga kami ajak melakukan aksi Sapta Pesona dengan mengunjungi lokasi wisata Bukit Pajangan yang ada di Dusun Makem Dowo Desa Sidomulyo, dan dilanjutkan dengan studi kasus atas kunjungan ini,” jelas Wagino.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan terkait profil dan program pengelolaan masing-masing desa wisata serta tampilan atraksi seni budaya yang dimiliki. 

“Dua even ini sekaligus untuk menjaring wakil Kabupaten Purworejo pada even serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan digelar dalam waktu dekat,” tambah Wagino.

Sementara itu dari hasil penilaian tim juri, dalam kegiatan ini keluar sebagai juara pertama Pokdarwis Dewi Sri Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, menyusul Poldarwis Si Kepel Desa Jati Kecamatan Bener dan Podarwis Jaya Katwang Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag. (Nar)
 

 

 

BERITA REKOMENDASI