Jangan Setengah – setengah, Akses Sedayu – Glamping Mulai Dibangun 2020

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Akses jalan dari pusat Desa Sedayu Kecamatan Loano Purworejo langsung ke Glamping De Loano, mulai dibangun pada tahun 2020. Jalan itu akan menjadi akses terdekat dari arah Purworejo menuju kawasan Borobudur Highland. 

Pembangunan akan dilaksanakan oleh pasukan TNI Kodim 0708 Purworejo lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). "Akses itu menjadi prioritas dan sudah diprogramkan, akan direalisaikan tahun 2020," ujar Kepala Desa Sedayu Ahmad Said, kepada KRJOGJA.com, Senin (23/12/2019). 

Jalan yang dibangun rencananya sepanjang dua kilometer, dengan lebar tiga meter. TNI akan membangun akses dengan konstruksi jalan rabat beton. 

Menurutnya, akses Sedayu – glamping akan melintasi tanah warga dan sebagian hutan milik Perhutani. "Sebenarnya sudah ada jalan, tapi masih akses tanah dan biasa digunakan warga yang mau ke hutan," ungkapnya. 

Jalan yang akan dibangun itu masih sebagian dari total aksesa Sedayu – glamping. Panjang total akses itu kurang lebih sepanjang empat kilometer. Selama ini, akses menuju Glamping De Loano melewati Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Purworejo. "Kelak glamping bisa diakses langsung dari Purworejo," terangnya. 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Purworejo RM Abdullah mengemukakan, pihak desa dan dinas pariwisata telah berkonsultasi dengan Komisi IV terkait rencana pembangunan jalan itu. Pihak desa disarankan membangun akses jalan sepanjang empat kilometer dari Sedayu sampai De Loano. 

"Sebaiknya langsung full dibangun sampai glamping, jangan setengah-setengah. Meski, mungkin kualitasnya tidak bisa optimal," tegasnya. 

Setelah jadi, lanjutnya, jalan bisa diserahkan kepada pemkab untuk dialihstatuskan menjadi jalan kabupaten pada tahun 2021. "Setelah berstatus jalan kabupaten, APBD bisa menganggarkan peningkatan. Kalau cuma dibangun setengah, nanti sisanya bagaimana? Pemkab tidak mungkin bisa intervensi," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI