Javadhis Dorong Jatirejo Jadi Sentra Inovasi Gula Jawa

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para pengrajin gula Jawa (gula kelapa) Desa Jatirejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo diharap mampu menjadi sentra inovasi gula Jawa di Provinsi Jawa Tengah. Untuk mewujudkan itu tim Java Gendhis (Javadhis) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) memberikan berbagai bantuan untuk meningkatkan produksi gula.

Berbagai bantuan itu menurut Jeki Wibawanti MEng MSi selaku dosen pembimbing, diantaranya bibit kelapa genjah dan pupuk kandang. “Masing-masing petani mendapatkan dua bibit kelapa genjah unggul beserta satu karung pupuk kandang fermentasi,” katanya, Senin (07/09/2020).

Tahun ini menurut Jeki Wibawanti, UMP yang diwakili Tim Javadhis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sains dan Teknologi (Saintek) berhasil memenangkan kompetisi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Belmawa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “Tim ini mengusung program budidaya pohon kelapa dengan teknik modern, pembuatan aplikasi e-commerce android gula Jawa, inovasi produk hilir dan eduwisata gula Jawa, prototipe alat bantu/keselamatan pemanenan nira kelapa, peningkatan produktivitas nira, serta inisiasi pembentukan kelompok petani gula Jawa berbasis desa,” paparnya.

Tema ini diwujudkan di Desa Jatirejo dengan melibatkan 20 orang perwakilan petani gula Jawa. “Tim Javadhis juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jatirejo, Rumah Mangrove KOMANGJO Foundation dan Lembaga Pelatihan Desa Jambe Mule,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI