Jelang Idul Adha, Tim Keswan Awasi Ternak

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Jelang Idul Adha, Tim Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung terjun ke sejumlah pasar ternak dan kandang peternak yang ada di daerah tersebut untuk memastikan keamanan dan kelayakan hewan untuk dipotong. Tugas mereka memeriksa kesehatan dan mengobati ternak yang sakit serta memberikan sosialisasi bagaimana memelihara yang baik.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung Drh Nurul Hasanah mengatakan, tim dibagi dalam tiga tim kecil yang tiap tim kecil terdiri antara lain dokter hewan dan mantri hewan. " Kami prioritaskan pada sapi dan domba usia potong. Sehingga ternak korban benar-benar sehat saat dipotong," katanya di Temanggung, Rabu (03/08/2016).

Dikatakan pengawasan dilakukan di pasar ternak Selopampang, Kranggan, Ngadirejo dan Kaloran. Sedangkan di kandang ternak pengawasan terutama yang berada di kandang bersama atau peternak yang memiliki ternak dalam jumlah banyak.

Temuan kasus ternak sakit pada umumnya, cacingan dan kesehatan kurang prima. Petugas lantas memberikan obat, suntikan dan vitamin. Peternak diminta untuk memperhatikan kesehatan hewannya agar kelak saat dipotong layak dan sehat dikonsumsi. Perawatan untuk kesembuhan dapat pula dengan cara tradisional yang selama ini dilakukan petani. (Osy)

BERITA REKOMENDASI