Jelang Libur Nataru, Beberapa Harga Kebutuhan di Magelang Masih Stabil

MAGELANG, KRJOGJA.com – Di awal Bulan Desember menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, beberapa harga kebutuhan di Pasar Rejowinangun Kota Magelang bervariasi, ada yang mengalami kenaikan, penurunan dan ada juga yang stabil. Banyaknya acara pernikahan di tengah masyarakat juga membawa pengaruh terhadap keberadaan harga beberapa barang kebutuhan di pasaran. 

Hal ini seperti yang diutarakan beberapa pedagang yang ditemui secara terpisah, Rabu (4/12/2019). Kenaikan harga terlihat pada dagangan brambang merah, telur ayam maupun lainnya. Harga daging ayam sekitar Rp 31 ribu/Kg. Tarti, salah satu pedagang daging ayam, saat ditemui Sekretaris Daerah Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM, Pemimpin Cabang Bank Jateng Koordinator Magelang Wahyu Wibowo, anggota Komisi B DPRD Kota Magelang Aji Setyawan maupun lainnya mengatakan harga ini tergolong masih stabil.

Secara terpisah Tarti mengatakan tidak menutup kemungkinan harga ini bisa berubah mendekati akhir Bulan Desember mendatang. Pedagang menginginkan kalau bisa harga turun, agar masyarakat yang semakin banyak berbelanja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Ir Sri Retno Murtiningsih kepada KRJogja.com mengatakan pemantauan harga terus dilakukan. Banyak yang harganya masih stabil, tetapi ada juga yang fluktuatif. Di awal Bulan Desember juga masih banyak berbarengan dengan masyarakat yang memiliki acara pernikahan, juga berpengaruh pada perkembangan harga beberapa barang di pasaran.

Joko Budiyono kepada wartawan mengatakan pihaknya bersama Bank Jateng, anggota Komisi B DPRD Kota Magelang maupun lainnya melakukan peninjauan ke Pasar Rejowinangun diantaranya untuk mengetahui kondisi pasar, khususnya harga beberapa barang dagangan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, apakah harganya naik atau stabil. "Tetapi ternyata setelah ditanyakan kepada pedagang, untuk daging ayam harganya stabil," katanya sambil menambahkan beberapa harga barang lainnya juga stabil.

Dikatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga menjelang Natal dan Tahun Baru ini. Dari sisi pedagang, lanjutnya, harga di pasaran diharapkan stabil, tidak ada kenaikan. Hanya saja nantinya bagaimana kondisi antara permintaan dan kebutuhan. Kalau kebutuhan tinggi, persediaan barangnya sedikit, konsekuensinya harga akan naik.

Pemerintah Kota Magelang sangat siap menghadapi musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Sudah disiapkan stok barang kebutuhan pokok lewat Dolog, dan dipantau hingga pasar-pasar yang lain. "Berkaitan dengan kebutuhan pokok, semua sudah tidak ada masalah," tegasnya. (Tha) 

BERITA REKOMENDASI