Jelang Pilkada, Kades Jangan Main Politik

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kepala desa terutama mendekati pemilihan kepala daerah jangan main politik tetapi harus tahu politik dan tetap konsentrasi dalam pembangunan, yakni berbakti, menata dan membangun desa. Sehingga rakyat desa mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

“Prestasi dalam capaian pembangunan di desa akan menjadi kekuatan tersendiri bagi kepala desa. Ia akan dicari kandidat kepala daerah. Bukan jauh-jauh hari mencari kandidat kepala daerah untuk menjadi pendukungnya,” kata Anggota MPR RI Ir Sudjadi, pada Sosialisasi Pancasila bertajuk ‘Keadilan sosial dalam keadaan pandemi’, Sabtu (18/07/2020).

Ia mengatakan pentingnya peran kades sebagai pemimpin masyarakat dalam pembangunan di desa. Berdasar aturan terbaru, kades adalah pemegang keuangan. Ia dapat menentukan alokasi keuangan, meski begitu diperlukan sinergitas dengan segenap elemen masyarakat dan pemerintah diatasnya.

Pada masa pandemi Covid-19, dikatakan, presiden Jokowi punya kebijakan pembangunan diprioritaskan pada pemulihan ekonomi terutama di desa, salah satunya dengan program padat karya tunai (PKT). Makanya PKT harus betul-betul dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah desa.

“PKT harus bermanfaat, pengerjaanya rukun dan gotong royong. Nanti desa menjadi teladan. Buatlah desa menjadi ikon untuk kabupaten,” kata dia.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto SP mengatakan Sudjadi selama ini dikenal legislator yang langsung aplikasikan Pancasila melalui proyek pambangunan fisik dan non fisik, yang merupakan aspirasi dari warga. “Banyak proyek pembangunan pemerintah adalah implementasi Pancasila, yang tidak memandang suku agama ras dan antar golongan,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI