Jelang Tahun Baru Satpol PP Gelar Opersi Miras

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Menjelang pergantian tahun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purworejo menggelar operasi minuman keras (Miras). Hasilnya, dari berbagai tempat ditemukan ribuan botol Miras dan diamankan. Namun sebagian sudah diperjual belikan pemiliknya.

“Dari hasil pemeriksaan, miras ini dipersiapkan untuk malam tahun baru,” kata Kepala Satpol PP Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar) Purworejo H Budi Wibowo SSos MSi, Senin (30/12/2019).

Hasil operasi ini katanya, mayoritas justru didapat di daerah pelosok atau pinggiran. “Dalam kota belum kita temukan,” jelasnya.

Dikatakan Budi Wibowo, menjelang pergantian tahun, pihaknya gencar melakukan operasi miras dengan sasaran pedagang mapun pengepul. Dari hasil operasi ini di sebuah rumah penduduk di Desa Winong Kidul Kecamatan Gebang petugas berhasil membongkar 916 botol miras yang masih tersimpan di dalam rumah. “Ini di rumah penduduk biasa, bukan warung atau pedagang,” katanya.

Miras yang disita ini, disimpan di dalam kamar dan menurut pemiliknya SG (40) sengaja dipersiapkan untuk malam tahun baru.

Selain itu di Kecamatan Bruno, petugas juga berhasil menyita sekitar 181 botol miras dari berbagai merek dengan tersangka  S dan SH. “Miras ini bahkan sudah mulai dijual, kedua tersangka merupakan pedagang,” katanya.

Operasi miras juga dilakukan di wilayah Kecamatan Ngombol, dan petugas berhasil menemukan sejumlah botol miras yang disimpan  dengan model baru. “Mudusnya dipendam dalam tanah bersama sampah-sampah kain,” jelas Budi Wibowo.

Cara ini baru pertama ditemukan, biasanya disimpan di dalam kamar, di atas eternit rumah, atau di dalam almari pakaian. “Ini justru dipendam di luar rumah,” tambahnya.

Peredaran miras lanjut Budi Wibowo, kini justru bergeser di daerah-daerah pinggiran. Namun penggunanya juga dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk masyarakat perkotaan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI