Jembatan Caok Patah, Belum Tertangani

PURWOREJO (KRjogja.com) – Jembatan Dusun Caok Desa Karangrejo Kecamatan Loano Purworejo yang patah akibat banjir bandang, belum tertangani. Padahal jembatan di atas Sungai Gading itu merupakan akses vital ribuan warga di sejumlah desa.

Jembatan tersebut rusak lebih dari sebulan lalu. "Sungai meluap hingga limpas jembatan dan membawa material batu serta kayu, dampaknya pada konstruksi bangunan itu," ucap Sapariyanto, warga Karangrejo kepada KRjogja.com, Rabu (3/8/2016).

Klik: Jembatan Putus, Akses Warga Terganggu

Menurutnya, kayu tersangkut jembatan dan terdorong air serta batu sehingga tiang bangunan miring. Beruntung tiang tertanam cukup dalam sehingga tidak patah dan jembatan masih bisa bertahan.

Kendati jembatan patah, namun akses itu tetap dilintasi warga. "Karena kondisinya parah, hanya pejalan kaki dan sepeda motor yang boleh melintas. Selain warga Karangrejo, pelintas diantaranya dari Desa Kalikalong, Rimun, Kalisemo, Donorati dan Wonotulus," tuturnya.

Baca juga: Baru Diperbaiki, Jalan Kembali Rusak

Kepala Desa Karangrejo Ngateman menambahkan, pemilik mobil di Karangrejo, Kalikalong, Kalisemo dan Rimun harus melewati Banyuasin ketika ingin menuju Purworejo. "Memutarnya puluhan kilometer, butuh waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk menuju Purworejo," ucapnya.

Kini kondisi jembatan sama seperti ketika bencana melanda. Belum ada upaya perbaikan. Langkah darurat yang dilakukan warga baru memasang rambu peringatan dan kayu pembatas sepeda motor. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI