Jembatan Gowong – Watuduwur Putus, Akses Tiga Desa Terganggu

Pemdes Gowong melaporkan peristiwa tersebut secara resmi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo. “Kami berharap pemerintah cepat turun memperbaiki jembatan,” tegasnya.

Sekdes Gowong Muh Abdurrofiq menambahkan, sebanyak 125 kepala keluarga (KK) warga Dusun Simunggang, Sikempong, dan Siludah kesulitan akses akibat bencana itu. Selain itu kurang lebih 70 KK penduduk Dusun Sikempong Desa Kaliwungu juga mengandalkan jembatan untuk menuju kecamatan. “Kalau bicara memutar, warga kami yang punya mobil paling merasakan dampaknya, karena jarak dari dusun ke jalan provinsi yang harusnya tiga kilometer, sekarang harus ditempuh lewat Brondong dan jaraknya sampai 12 kilometer,” terangnya.

Terpisah, Sekdes Watuduwur Wahib Fatkhurohman mengemukakan, tidak semua kendaraan dapat memutar lewat Desa Brondong. Sebab ada sebagian akses yang rusak parah dan tidak dapat dilalui mobil kecil. “Bagian jalan yang rusak kondisinya bergelombang parah, paling hanya truk yang berani lewat. Untuk sementara aktivitas ekonomi dengan kendaraan kecil, lumpuh total,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI