‘Jogo Merapi’ Tolak Penambangan

MAGELANG (KRjogja.com) – Ratusan warga yang mayoritas petani di lereng Gunung Merapi bersama Komunitas Jogo Merapi di Kabupaten Magelang, menggelar aksi damai di perempatan Jalan Talun Muntilan, Senin (01/08/2016).

Massa berorasi dan menutup jalan menuju Kecamatan Dukun mulai pukul 10.45 hingga sekitar 11.45 wib. Mereka menuntut pemerintah tegas dalam hal penambangan galian c di sekitar Gunung Merapi.

"Penambangan yang ada diwilayah ini, sudah merusak alam dan melanggar hukum. Namun pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan para penambang itu, tanpa ada keberanian aparat penegak hukum. Padahal, kita hidup dinegara hukum. Kami hanya minta aparat penegak hukum tegas dalam menindak para penambang yang telah merusak alam itu," kata Ketua Jogo Merapi, M Hendrat, usai berorasi.

Diungkapkan, jika selama ini alam telah dirusak oleh kegiatan penambangan. Sebagai contoh, petani sudah mulai kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertaniannya. Hal itu terjadi, karena saat ini sudah banyak sumber-sumber mata air yang telah mengering. "Saat ini saja belum musim kemarau, namun sudah ada mata air yang mengering. Bagaimana jadinya kalau nanti sudah kemarau? Apakah kita menunggu datangnya bantuan dropping air?," imbuh anggota tim advokasi Komunitas Jogo Merapi, Rahmad Hendro Saputro. (Bag)
 

BERITA REKOMENDASI