‘Jogo Tonggo’ Bagi Wanita Tani

BURUNG DERKUKU bernyanyi menyambut pagi dan embun di daun mulai menguap saat Herminingsih (45), wanita tani di Dusun Bugangan Desa Trasan Kecamatan Bandongan Magelang Jawa Tengah memanen sayur kangkung yang dibudidaya dengan sistem hidroponik di pekarangan rumah.

Mantan karyawati sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jogja itu juga menanam sawi, bayam merah, cabai, terung, pare, bit, dan bebagai sayur lain. Pada panen itu, ia ditemani wanita tani lain, Kadus Seneng Sujarwati dan Bidan Desa Istiqomah. Kades Trasan Bagawat Gita turut pula, untuk mendampingi dan memastikan warganya tetap guyup rukun.

Herminingsih mengatakan sejumlah wanita tani lainnya juga memanfaatkan lahan sempit di rumah dan pekarangan. Sayuran itu untuk penguatan ketahanan pangan dan kecukupan gizi keluarga.

“Sebagian sayuran dijual ke pasar secara online memanfaatkan media sosial dan pasar tradisional. Adapula yang disedekahkan pada tetangga yang perekonomiannya turun akibat terdampak pandemi Covid-19, termasuk warga yang sakit,” ungkap dia,

Seperti Sabtu (17/10/2020) itu, bersama sejumlah rekan, terjadwal mengunjungi tetangga yang sakit karena terpapar virus yang kini tengah dicari penangkalnya oleh para ahli. Sayuran yang dipetik disedekahkan untuk dikonsumsi tetangga yang kini menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Wanita tani lain juga bersedekah berbagai buah-buahan, lauk pauk dan sembako. Sedekah itu untuk melengkapi bantuan dari pemerintah. Namun yang terpenting pada kunjungan tersebut ialah penguatan mental dan semangat hidup dari sesama petani, ibu rumah tangga dan warga masyarakat.

BERITA REKOMENDASI