Jokowi Resmikan Embung Banjarsari Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Lereng Gunung Sindoro Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung, untuk meresmikan Embung Banjarsari dan menanam bawang merah di lokasi food estate, Selasa (14/12/2021)

Jokowi mengatakan luas lahan food estate di Kabupaten Temanggung 339 hektare yang akan didampingi oleh Kementerian Pertanian. “Melalui program ini kami harapkan produktivitasnya bisa meningkat dan yang paling penting juga disiapkan off taker yang membeli bawang merah yang ditanam ini,” katanya.

Presiden mengatakan dengan adanya off taker maka ada kepastian harga, kepastian yang membeli sehingga harga tidak dipermainkan oleh para tengkulak. Dia berharap dengan produktivitas yang semakin baik dan intervensi di bibit diharapkan pendapatan petani akan meningkat.

“Akan saya lihat setelah panen sehingga dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi berarti per hektare mendapatkan berapa ton kemudian ongkos produksinya maka ketemu bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari tanam bawang merah ini,” katanya.

Dia mengatakan empat embung yang diresmikan masing-masing Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Embung Pagergunung dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang serta Embung Tlogoguwo Kabupaten Purworejo. “Di tahun 2021 ada 66 embung yang dibangun dan Selasa ini yang diresmikan 4,” kata dia.

Dia berharap dengan telah siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik. Selain untuk pengairan lahan pertanian, katanya air embung juga bisa dipakai untuk air baku di rumah-rumah serta untuk pariwisata masyarakat.

Dikemukaka embung di Desa Bansari, Kecamatan Bansari dengan volume tampungan air 8.588 meter kubik dengan biaya pembangunan senilai Rp 9,2 miliar. Embung di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dengan volume tampungan 7.500 meter kubik menelan biaya Rp4,2 miliar dan embung di Desa Dukun, Kabupaten Magelang volume tampungan 16.395 meter kubik.

Sedangkan embung di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo dengan volume tampungan 15.775 meter kubik menelan biaya Rp11,6 miliar. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan ada sejumlah off taker atau integrator dalam food estate, yakni PT Semangat Bersama Enterpreneurship, PT Calbee Wings Food, CV Sido Makmur Jaya, dan CV Rejeki Terus Lancar.

Disebutkan sistem food estate di Temanggung tersebar di lima kecamatan yakni Bansari, Kledung, Ngadirejo, Parakan, dan Bulu. Tanaman hortikultura yang ditanam meliputi cabai, kentang, bawang merah, dan bawang putih. Dia mengatakan berdasarkan analisis potensi produksi setelah dengan sistem food estate keuntungan per hektare untuk bawang merah sekitar Rp23 juta, bawang putih Rp40 juta, cabai Rp55 juta, dan kentang konsumsi Rp187 juta.

Sementara kejadian lucu terjadi di saat pengawalan Jokowi. Salah satu sepeda motor pengawalan rombongan Presiden Jokowi ada yang ambruk di jalan raya ketika melaju di tikungan jalan menanjak di sekitar Kecamatan Kledung Temanggung.

Kejadian itu sontak menjadi tontotan warga, sementara petugas keamanan melakukan pengamanan di pinggir jalan membantu untuk meminggirkan sepeda motor besar tersebut. Sedangkan Jokowi pada warga selain menyalami warga yang ada di tepi jalan sesekali memberikan baju pada warga. (Osy)

BERITA REKOMENDASI