Jokowi Targetkan 2025 Semua Tanah Bersertifikat

MAGELANG, KRJOGJA.com  – Presiden RI, Joko Widodo membagikan 5120 sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten dan Kota Magelang, di Lapangan Drh Soepardi, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (18/09/2017). Dalam kesempatan itu, disampaikan jika tahun 2025 nanti seluruh tanah di Indonesia harus bersertifakat. Khusus di Jawa Tengah, diharapkan selesai tahun 2023 mendatang.

"Target tahun depan kita keluarkan 7 juta sertifikat. Tahun berikutnya atau 2019, ada 9 juta dan semua akan selesai tahun 2025. Kami berharap semua tanah di Indonesia, telah bersertifikat semua saat itu. Namun semua harus mendukung. Ya demikian kalau kerja dengan saya. Harus seperti ini, cepat," kata Jokowi, dalam pidato sambutannya.

Sertifikat ini diberikan, kata Jokowi dengan harapan untuk menghindari konflik persoalan tanah. Baik masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan lembaga mau pun masyarakat dengan pemerintah. Di sisi lain, pihaknya berharap sertifikat ini juga bisa membantu masyarakat sebagai agunan dalam proses peminjaman di bank. “Boleh jadikan agunan di bank, namun harus sesuai untuk modal usaha. Itu pun harus banyak perhitungan. Jangan asal gaya-gayaan saja. Nanti bisa hilang semua,” jelasnya. 

Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Jalil dalam laporannya menerangkan, jika tahun ini pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan program pembagian sertifikat sebanyak 5 juta. “Khusus di Jawa Tengah sendiri, tahun ini ada sekitar 17 ribu sertifikat yang dibagikan. Untuk hari ini saja, ada 5000 sertifikat di kabupaten magelang. Sedang di kota Magelang ada 120 sertifikat yang dibagikan,” katanya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI