Jumat Bersih, Ciptakan Kota Magelang Lebih Asri

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk dapat lebih mempertahankan penghargaan Adipura, yang sudah rutin diraih Kota Magelang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang menggelar kegiatan ‘Jumat Bersih’, Jumat (30/08/2019). Kegiatan ini juga untuk menciptakan Kota Magelang yang lebih bersih, rapi dan indah.

Demikian antara lain dikemukakan Plt Kepala DLH Kota Magelang Otros Trianto di sela-sela memimpin kegiatan ‘Jumat Bersih’. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkumpul di kawasan Jl  Jenderal Sudirman untuk kerja bakti bersama membersihkan jalan, keramik, selokan, dan saluran air.

Juga dilakukan menanam Pohon Tabepuya secara bersama-sama di tepi jalan sudetan atau jalan tembus antara Jl Jenderal Sudirman dan Jl Sarwo Edi Wibowo. Kegiatan ini juga diikuti TNI, Polri, BUMD, swasta, dan stakeholder lainnya.

Dikatakan Otros, kerja bakti ini juga untuk mengajak kalangan swasta agar lebih memberikan kontribusi dalam menciptakan lingkungan Kota Sejuta Bunga yang lebih asri dan bersih. Diharapkan ‘Jum’at Bersih’ ini bisa berlangsung secara rutin setiap hari Jumat.

"Kegiatan bersih-bersih sudah menjadi keharusan kita untuk melaksanakannya agar lingkungan lebih nyaman. Sampah-sampah yang masih ada di selokan kita bersihkan. Rumput liar di taman-taman pun kita cabut serta menjaga betul keramik trotoar kita tetap cling," katanya.

Kabid Pengelolaan dan Penanganan Sampah DLH Kota Magelang R Jaka Prawistara menambahkan  kebersihan menjadi tanggungjawab bersama semua elemen masyarakat. Bukan hanya sekadar mengejar piala Adipura, tapi demi kebersihan dan kenyamanan lingkung.

"Senantiasa kita dorong agar masyarakat sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan, seperti untuk kesehatan dan tentunya nyaman dipandang. Ini langkah nyata kita, bentuk kepedulian pada lingkungan," katanya.

Tidak hanya bersih-bersih, pihaknya juga menanam sejumlah Pohon Tabebuya yang memiliki bunga seperti Bunga Sakura di Jepang. Pohon yang sudah banyak ditanam di Kota Magelang ini sekarang ditambah jumlahnya dengan ditanam di jalan sudetan.

"Jalan sudetan ini salah satu jalur penting dan strategis di Kota Magelang. Selain letaknya di pusat keramaian, juga banyak dilalui pengendara, baik dalam maupun luar kota. Artinya, mereka yang melintas akan terkesan dengan jalan ini, karena dihiasi sejumlah Pohon Tabebuya yang ketika berbunga cukup indah dan menarik perhatian mata," jelasnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI