Jumlah PPNS Kebumen Masih Jauh dari Ideal

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Jumlah penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen hingga saat ini masih jauh di bawah ideal. Bahkan, sebagian besar organisasi pemerintah daerah (OPD) Kebumen hingga kini sama sekali belum memiliki PPNS.

"Tugas seorang PPNS sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang berwenang menyidik sangatlah penting, mengingat fungsinya sebagai penegak aturan sesuai perundang-undangan yang berlaku. Namun dari 26 OPD Kebumen hingga saat ini baru beberapa OPD yang sudah memiliki PPNS," papar Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Ageng Sulistyo Handoko SIP, di ruang kerjanya, Jum'at (27/04/2018).

OPD Kebumen yang sudah memiliki PPNS diantaranya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang memiliki 2 PPNS dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen yang hanya memiliki 1 PPNS. Sedangkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen kini tak memiliki PPNS setelah seorang PPNSnya memasuki masa pensiun di bulan April 2018.

"Jumlah ideal PPNS tergantung kebutuhan guna mendukung kinerja masing-masing OPD. Untuk Satpol PP jumlah idealnya minimal 10 PPNS tingkat terampil, Disperindag, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Disperkimlh minimal 3 PPNS," jelas Ageng.

Penyebab masih minimnya jumlah PPNS Kebumen menurut Ageng disebabkan terbatasnya jumlah PNS atau ASN Kebumen yang bisa dikirimkan untuk mengikuti pendidikan khusus untuk menjadi PPNS di Kementerian Hukum dan HAM dalam waktu sekitar 2 bulan. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI