Jutaan Lembar ‘Susu’ Pemilu 2019, Mulai Berdatangan di Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Jutaan lembar surat suara (susu) Pemilu 2019 untuk wilayah Kabupaten Magelang mulai berdatangan, dan Jumat (8/2/2019) mulai dimasukkan ke gudang penyimpanan. Hanya saja surat suara yang dikirim baru sebagian, yaitu surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta surat suara Pemilihan DPR RI Dapil Jawa Tengah 06. 

Didampingi Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Magelang serta dari pihak Kepolisian, Plh Ketua KPU Kabupaten Magelang Endys Mindarwoko memotong kabelties pintu bak kedua kendaraan truk pengangkut surat suara, untuk kemudian dilakukan pembongkaran dan diangkur menuju ke dalam gudang penyimpanan yang ada di wilayah Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

"Surat suara untuk Pilpres dan Pilleg DPR RI 2019 tersebut dikirim dari daerah Bogor, dan Kamis (7/2/2019) tengah malam sekitar pukul 24.00 tiba di Magelang. Dengan dikirimnya surat suara ini, hingga Jumat masih ditunggu proses pengiriman surat suara untuk pemilihan DPD, DPRD Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Kabupaten Magelang," terang Endys kepada wartawan. 

Surat suara yang sudah diterima tersebut disimpan di dalam gudang, dan dalam waktu dekat akan dilakukan proses pensortiran untuk mengetahui secara persis keberadaan surat suara setiap lembarnya. hal ini dilakukan sebelum surat suara dikirimkan ke masing-masing PPK atau PPS bersama beberapa logistik pemilu lainnya. Untuk proses pensortiran ini membutuhkan tenaga tidak sedikit.

Jumat juga diperoleh informasi adanya kendaraan truk pengangkut surat suara untuk wilayah Kabupaten Magelang, namu belum diketahui secara pasti yang dikirim tersebut surat suara untuk pemilihan apa. 

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin secara terpisah membenarkan adanya satu kendaraan truk pengangkut surat suara yang menuju ke arah Magelang. Menurut Afiffuddin, surat suara yang diangkut tersebut merupakan surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Magelang. Diperkirakan Jumat tengah malam sekitar pukul 24.00 kendaraan truk tersebut tiba di Magelang.(Tha)   

BERITA REKOMENDASI