Kabupaten Magelang Jadi yang Pertama ODF di Jateng

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kabupaten Magelang merupakan yang ke-20 dan yang pertama kali ODF (Open Defecation Free) di Provinsi Jawa Tengah di tengah masa Pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Wahyu Setianingsih pada saat verifikasi ODF stop buang air besar sembarangan tingkat Kabupaten Magelang, di Ruang Cemerlang Setda Kabupaten Magelang, Kamis (17/9/2020).

“Tentu perjuangannya sangat berat, maka kami sangat mengapresiasi kepada Kabupaten Magelang yang konsen dengan kesehatan masyarakatnya ditegah pandemi covid-19,” kata Wahyu Setianingsih.

Menurutnya, melalui ODF ada banyak mata rantai penyakit yang bisa diputuskan. Meskipun belum bisa dipublis karena masih harus menunggu penelitian, mata rantai penyebaran Covid-19 juga bisa ditekan melalui ODF, karena salah satu penyebarannya juga bisa melalui feses (kotoran) dengan buang air besar sembarangan.

Dalam hal ini, Wahyu Setianingsih menegaskan bahwa, tim verifikasi ODF Provinsi Jawa Tengah akan terjun ke lapangan di 8 Kecamatan yang sudah ditentukan secara acak. Tim verifikasi tersebut akan bergerak secara independen dan tidak akan mau untuk diarahkan.

“Tim Verifikasi ini sudah teruji di Kota/Kabupaten yang lain. Jadi tidak usah repot-repot untuk mengarahkan, karena mereka akan blusukan sendiri dan tujuannya betul-betul harus obyektif dan tidak bisa dipengaruhi. Kami harap tidak ada temuan, apabila ada temuan maka akan kami tunggu 3 kali 24 jam untuk segera diperbaiki agar nanti bisa langsung lolos” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI