Kabupaten Magelang, Juara Umum Atletik Se-eks Karesidenan Kedu

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Tim atletik Kabupaten Magelang, menjadi juara umum pada kejuaraan atletik se eks Karesidenan Kedu. Kejuaraan yang digelar di Lapangan Atletik SMA Taruna Nusantara Magelang, Minggu (18/03/2018) kemarin itu, diikuti 343 atlit putra dan putri dari 6 kabupaten/kota di eks karesidenan kedu. 

Ketua Panitia Mayor Inf Budi Lesono didampingi Ketua Korwil Kedu, Priyatmadi Spd Mpd Senin (19/03/2018) mengatakan, latar belakang kejuaraan ini karena menurunnya prestasi cabor atletik di Jawa Tengah, sehingga diperlukan pemassalahan dan pembibitan yang dimulai dari pelajar SD hingga SMK/SMA. Terkait hal itu, ditiap-tiap eks karesidenan diperlukan kejuaraan sesuai surat edaran pengurus Prop PASI Jateng no: 023/PASI JATENG/II/2018 tanggal 14 Februari 2018. "Tujuannya diantaranya adalah menyediakan kegiatan yang bersifat kompetitif bagi atlet atletik di jateng. Kemudian sebagai saranan seleksi ditingkat karesidenan se jateng, sarana evaluasi pembinaan cabor atletik di karesidenan se jateng dan untuk meraih prestasi yang pernah dicapai atlit-atlit di jawa tengah masa lalu," katanya.

Khusus di kejuaraan ini, kata Budi, hanya diikuti atlit berusia dibawah 18 tahun. Sehingga nomor yang dilombakan juga hanya khusus usia dibawah 13 tahun, U-16 dan U-18 tahun. "Total ada 23 nomor yang kami lombakan. Untuk usia dibawah 13 tahun, nomor yang dilombakan diantaranya lari 80 m, tolak peluru, lompat jauh dan lempar turbo. Sedang U-16, diantaranya lari 100 m, 200m, 400m, 800m, 1500m, lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram. Untuk Usia 18 tahun, diantaranya lari 100 m, 200m, 400m, 800m, 1500m, lompat jauh, tolak peluru, lempar lembing dan lempar cakram," jelasnya.

Pada kejuaraan ini, juara umum adalah tim Kabupaten Magelang yang meraih19 emas, 20 perak dan 20 perunggu. Peringkat kedua diraih tim Kabupaten Temanggung, yang meraih 9 emas, 6 perak, 9 perunggu. Juara ketiga, Kabupaten Wonosobo yang meraih 9 emas, 4 perak, 2 perunggu. Disusul, Kebumen dengan 5 emas, 8 perak; Purworejo 3 emas, 5 perak, 6 perunggu dan terakhir Kota Magelang yang meraih 1 emas, 3 perak, 9 perunggu. "Bagi peraih medali emas, selanjutnya mereka akan kami kirim ke kejuaraan tingkat propinsi pada akhir April besok. Jika kembali meraih emas, akan dikirim ke kejurnas pada minggu kedua mei mendatang," ungkapnya.

Sebelumnya, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya kejuaraan se eks karesidenan kedu ini. Diantaranya Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Bupati Magelang, KONI dan Ketua Pasi Kabupaten Magelang, Suherman. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI