Kabupaten Magelang Miliki Pasar Ikan Bersih

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Kabupaten Magelang, kini miliki Pasar Ikan Bersih di Desa Ngabean, Kecamatan Secang. Diharapkan keberadaannya mampu meningkatkan perekonomian dan tingkat konsumsi ikan masyarakat diwilayah ini. Apalagi, tingkat konsumsi ikan diwilayah ini, masih rendah. Bahkan dibanding nasional juga masih dibawahnya.

"Semoga keberadaan pasar ini mampu meningkatkan perekonomian pedagang. Di sisi lain juga diharapkan mampu meningkatkan konsumsi ikan masyarakat yang masih rendah. Dari data dinas peternakan dan perikanan, diketahui masih 18,6 kg per kapita per tahun. Sementara nasional, telah mencapai 43,8 kg per kapita per tahun. Ini PR kita kedepan, bagaimana agar meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, minimal sama dengan tingkat nasional," kata Asisten I Pemkab Magelang, Ir Agung Trijaya, saat meresmikan Pasar Ikan Bersih mewakili Pjs Bupati Magelang, Dra Tavip Supriyanto, Rabu (28/03/2018).

Sementara Kasubdit Kemitraan Dirjen Penguatan Daya Saing Kementrian Kelautan dan Perikanan, Tri Wahyuni yang hadir pada kesempatan ini mengatakan, bahwa tugas utama pihaknya adalah menjaga mutu pangan khususnya ikan yang ada dimasyarakat. Karena itu, kewajibannya adalah menjaga mutu dan kualitasnya mulai dari hulu hingga hilir. "Titik kritis ikan itu saat dipasar. Sehingga perlu ditata kelola sesuai SOP sehingga layak dikonsumsi masyarakat. Kami berharap pasar ini dikembangkan lagi, termasuk pembinaan-pembinaan pedagang agar masyarakat mendapatkan ikan yang layak konsumsi," imbuhnya. 

Kepala Dinas Peterikan, Ir Sri Hartini didampingi Kades Ngabean, Imron SE menceritakan, pada awalnya sekitar awal 2000 lalu, pasar ini hanya pasar ikan pagi yang buka mulai pukul 02.00 sampai pukul 07.00 di pinggir jalan. Tak hanya itu, dahulu hanya ada dua pedagang. Namun seiring berjalannya waktu, kini sudah ada 16 pedagang dengan 42 pengecer.

"Sedang ikan yang dijual sendiri, tidak hanya ikan air tawar tapi juga ikan laut. Seiring perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat, kami akan membuka pasar ini hingga siang. Selain itu, kami juga akan lengkapi dengan warung-warung makan. Kami berharap, keberadaan pasar ini akan mensejahterakan para pedagang, pengecer maupun warga sekitar. Di sisi lain, mampu meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat," ungkap keduanya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI