Kabupaten Magelang Raih Hasil 100 Persen

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Meski baru pertama kali menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMP/MTs, namun apa yang diraih Kabupaten Magelang patut diapresiasi. Apalagi dari 32 kabupaten/kota di Jawa Tengah, hanya lima kabupaten/kota yang menerapkan UNBK tersebut. Dan salah satunya Kabupaten Magelang. Namun kenyataannya, seluruh pesertanya sebanyak 16.799 siswa, mampu 100 persen lulus.

“Meski baru pertama kali menerapkan UNBK, namun ternyata kami bisa 100 persen lulus. Keberhasilan ini, semoga tidak membuat kami lupa. Namun tetap waspada dan terus berusaha untuk meraih yang lebih baik lagi tahun depan,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Haryono Mpd, ditemui usai mengumumkan hasil UNBK di kantornya, Jumat (02/06/2017).

Yang luar biasa dari hasil UNBK tahun ini, kata Haryono, ada 407 siswa yang mendapat nilai 100. Rinciannya sebanyak 8 siswa di mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Matematika  ada 378 siswa dan 21 siswa untuk mapel IPA. “Ditempat kami (kabupaten magelang), peserta UNBK ada 16.799 siswa. Mereka tersebar di 210 SMP dan MTs, baik negeri maupun swasta,” sebutnya.

Dari sebanyak 210 SMP/MTs itu, SMP Negeri 1 Muntilan menduduki peringat pertama tingkat Kabupaten Magelang. Diurutan kedua, diduduki SMP Negeri Salaman 1. Kemudian SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan, SMP Negeri 2 Muntilan, SMP Islam Terpadu Iksanul Fikri Mungkid, SMP Negeri 2 Mertoyudan, SMP Negeri 1 Mungkid, SMP Negeri 1 Grabag dan SMP Negeri 1 Borobudur. “Kalau melihat peringkat 10 besar tahun ini, terjadi beberapa pergeseran. Ini berarti ada kompetisi yang ketat, sehat dan bagus diantara SMP/MTs diwilayah ini,” harapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI