Kader Kesehatan Penting Menekan Angka Kematian

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Kesehatan merupakan hak azasi manusia dan sekaligus merupakan investasi sumber daya manusia, serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Terkait hal itu, memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

"Pencanangan program pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan, harus dilaksanakan dengan mengutamakan upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit atau masalah kesehatan, serta pemberdayaan keluarga dan masyarakat. Jambore kader kesehatan yang sedang kita laksanakan ini, merupakan salah satu upaya peningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas kader serta meningkatkan kemampuan berorganisasi sebagai bekal dalam pemberdayaan masyarakat," demikian sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin dalam acara Jambore Kader Kesehatan Kabupaten Magelang Tahun 2016 di GOR Gemilang, Selasa (08/11/2016).

Tanti Zaenal Arifin berharap, faktor resiko masalah kesehatan yang ada di masyarakat ke depan dapat ditekan, sehingga angka kesakitan dan kematian menjadi berkurang seiring dengan meningkatnya umur harapan hidup dan produktifitas masyarakat. "Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menekan angka kesakitan dan kematian, meningkatnya umur harapan hidup dan produktifitas masyarakat," ungkapnya.

Panitia Penyelenggara, Aman, SSos, MKes yang juga Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan dalam pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan meningkatkan tali silaturahim antar kader. Disampaikan juga, bahwa setelah acara selesai dilaksanakan lomba rangking satu (cerdas cermat tentang kesehatan), lomba pembuatan poster, lomba yel- ayel dan lomba penyuluhan dengan metode permainan ular tangga.

"Sangat pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, diperlukan upaya untuk mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggungjawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya agar dapat hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Dan ini peran kader kesehatan dalam membantu menyehatkan masyarakat sangat penting," imbuh Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dr Hendarto MKes. (Bag)

BERITA REKOMENDASI