Kades Didorong Majukan Dunia Olahraga

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para kepala desa (Kades) dinilai memiliki peluang dan peran penting dalam memajukan olahraga. Mengingat alokasi dana desa yang cukup besar, sebagian dapat dimanfaatkan untuk membangun sarana dan prasarana (sarpras) olahraga di desanya masing-masing. Bahkan tidak menutup kemungkinan para Kades dapat memberikan riword kepada putra desa yang berhasil meraih prestasi di bidang olahraga.

Demikian diantaranya terungkap dalam Diskusi Publik KONI Kabupaten Purworejo yang berlangsung di Aula Hotel Ganesha Purworejo. Diskusi diikuti para perwakilan cabang olahraga (Cabor), pelajar, guru olahraga, perwakilan Kades, camat, serta pemangku kepentingan di bidang olahraga.

Diskusi yang dipandu langsung Plt Ketua KONI Purworejo R Muhamad Abdullah SE SH ini menghadirkan nara sumber Ketua DPRD Purworejo Ir Luhur Pambudi MM dan Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purworejo Drs Basuki Budi Raharja.

“Persoalan olahraga di Purworejo selama ini hanya pada anggaran dan tata kelola. Namun untuk anggaran tidak harus bertumpu pada pemerintah dalam hal ini KONI. Sekarang untuk memajukan olahraga bisa diawali dari tingkat desa, karena setiap desa telah memiliki anggaran besar dari dana desa, dimana sebagian anggaran itu dapat dimanfaatkan untuk pembinaan olahraga di desa masing-masing,” kata Basuki Budi Raharja, Selasa (2/1/2017).

Untuk memajukan olahraga ini lanjut Basuki Budi Rahaja dapat diwujudkan atau dikemas dari event desa, kecamatan, dan kabupaten. “Dari dana hibah itu sebagian dapat dimanfaatkan untuk event olahraga sekaligus pembinaan dan pembibitan atlit,” jelasnya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI