Kado Hari Pahlawan Bagi Penyandang Disabilitas Berat

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Peringatan Hari Pahlawan sangat membekas bagi penyandang disabilitas (cacat) berat di Kabupaten Purworejo. Mereka mendapat bantuan untuk jaminan hidup. Bantuan disampaikan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM.

“Jaminan hidup diberikan kepada 152 orang penyandang disabilitas berat,  masing-masing Rp 300 ribu per bulan. Dari jumlah itu 33 diantaranya mendapat jaminan dari ABPN selama 10 bulan, sedang lainnya dari APBD kabupaten,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purworejo Drs Sutrisno MSi di sela-sela upacara peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun besar Purworejo, Kamis (10/11).

Disamping itu, warga miskin penyandang disabilitas juga mendapat bantuan kursi roda. “Meskipun penyandang disabilitas, mereka memiliki semangat hidup luar biasa. Mereka tetap bekerja untuk menafkahi keluarganya. Bahkan pernah ada yang terguling di jalan karena rem kursi rodanya bermasalah. Mereka juga diberi bantuan kursi roda lagi,” jelas Sutrisno.

Pada kesempatan yang sama 100 warga miskin juga mendapat bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH). Bantuan dari Kementerian Sosial ini diantaranya diberikan kepada 50 rumah keluarga miskin pedesaan dan 50 rumah miskin perkotaan sebesar Rp 1,5 miliar atau masing-masing keluarga Rp 15 juta. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI