Kagetkan Warga, Atap MI Guppi At-Taqwa Kaliwader Runtuh

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bagian atap ruang kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Guppi At Taqwa di Dusun Ngabean Desa Kaliwader Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo runtuh. Tidak ada korban dalam peristiwa itu karena pihak sekolah telah memindah belasan siswa ke ruangan yang lebih aman, beberapa hari sebelum terjadinya bencana.

Atap runtuh pada Jumat (12/11/2021) dini hari, setelah hujan lebat mengguyur desa itu selama dua hari sebelum peristiwa. Madrasah melaporkan perstiwa itu kepada pemerintah desa, kecamatan, kemenag, dan BPBD Purworejo. “Atap runtuh karena kayunya memang sudah lapuk. Ruang kelas itu dibangun tahun 2003, usianya sudah delapan belas tahun,” ungkap Kepala MI Guppi At Taqwa, Jamal Fiqih, kepada KRJOGJA.com, Minggu (14/11/2021).

Tanda bangunan akan runtuh terlihat sekitar dua minggu sebelum kejadian. Jamal melihat kayu rangka utama atap dalam kondisi melengkung. Jamil kemudian memanggil tukang bangunan untuk mengecek kondisi madrasah.

Kesimpulannya, katanya, kayu bagian atap sudah rapuh dan paling parah adalah kelas IV. Jamal pun memindah sebelas siswa kelas IV ke ruang salat pada bagian lain bangunan madrasah. “Saya juga berembug dengan komite dan yayasan, dan disepakati akan segera diperbaiki secara swadaya. Namun, perbaikan belum terealisasi, ternyata atap sudah runtuh,” terangnya.

Menurutnya, kondisi atap kelas I dan II yang terletak di sebelah kelas IV juga rapuh. “Tukang sudah cek semua bagian atap bangunan lama dan menyarankan untuk secepatnya diperbaiki,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI