Kagetkan Warga, Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Butuh Terbakar

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pabrik pengolahan limbah plastik milik Atik Rosikin (62) di Desa Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo ludes terbakar, Minggu (6/5/2018). Api diduga bersumber dari tumpukan bijih plastik yang terpapar terik matahari. 

Kebakaran diketahui warga saat melintas di sekitar pabrik pengolahan itu. "Saya mendengar bunyi letupan, lalu muncul api dari tengah-tengah tumpukan karung berisi serbuk plastik. Api muncul sekitar pukul 11.30," ungkap warga Tamansari, Suyati, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com. 

Api cepat membesar karena banyaknya bahan yang mudah terbakar. Saksi kemudian melapor kepada anggota TNI yang tinggal di Tamansari. Kebakaran itu dilaporkan ke kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo. 

Satpol PP dan Damkar Purworejo memberangkatkan dua mobil pemadam. "Upaya memadamkan api dibantu warga, tapi kami sempat kewalahan karena besarnya kobaran api," kata Kasi Damkar Sumaji. 

Menurutnya, pemilik dan warga gagal menyelamatkan serbuk plastik siap kirim dan peralatan yang ada dalam pabrik. Sedikitnya 60 karung serbuk plastik seberat 1,5 ton ludes terbakar. 

Api baru berhasil dikendalikan setelah dua setengah jam berkobar. "Kerugian pemilik pabrik diperkirakan Rp 200 juta," tuturnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI