Kajaksaan Negeri Temanggung Musnahkan Ribuan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri Temanggung memusnahkan ribuan barang bukti tindak pidana Umum yang telah punya kekuatan hukum tetap, Rabu (26/01/2022). Kepala Kejaksaan Negeri I Wayan Eka Miartha mengatakan pemusnahan barang bukti di depan kantor Kejaksaan Negeri dengan cara dihancurkan, diblender, dipotong dan dibakar.

“Barang bukti narkotika berupa pil, ganja dan sabu diblender. Telphon genggam dihancurkan, sedangkan senjata tajam di potong. Pil dan sabu ada pula yang dibakar,”kata Eka disela pemusnahan barang bukti.

Dia menyampaikan pemusnahan barang bukti antara lain dihadiri dan disaksikan Wakil bupati Temanggung, ketua DPRD Temanggung Yunianti, Kapolres AKBP Burhanuddin dan Dandim Letkol Czi Kurniawan Hartanto serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung AKBP Agung Prabowo.

Eka menerangkan barang bukti yang dimusnahkan adalah yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemusnahan oleh kejaksaan merupakan kegiatan fungsi dan merupakan tindak lanjut dari tugas Jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Dia mengatakan barang bukti yang dimusnahkan dari 36 perkara. Sedangkan yang dimusnahkan yakni sabu 1,9 gram, tembakau gorilla 29,36 gram, ganja 102.14 gram, obat terlarang 47.702 butir, senjata tajam 6 buah dan telphon genggam 13 buah. “Pemusnahan untuk menghindari penyalahgunaan barang bukti oleh orang yang tidak bertanggung jawab baik oleh petugas maupun masyarakat,” kata dia.

Dia berharap pada tahun 2022 tidak kejahatan di Temanggung menurun terutama anak muda dalam penyalah gunaan narkotika. (Osy)

BERITA REKOMENDASI