Kakor Binmas Baharkam Polri Lakukan Anjangsana

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Rumah Mbah Rukimah, Mbah Saudah dan rumah Mbah Parilah yang ada di Dusun Jambean Utara dan Jambean Selatan Desa Rambeanak Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dikunjungi Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Herry Wibowo, yang didampingi Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho SIK maupun lainnya. Sekretaris Desa Rambeanak Muh Yatin juga ikut mengantar kegiatan silaturrahim ini.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kapolres Magelang serta tali asih yang diberikan Kakor Binmas Baharkam Polri. Bahkan tim Kesehatan dari Polres Magelang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Mbah Rukimah, Mbah Saudah dan Mbah Parilah serta diserahkannya beberapa obat kesehatan.

Mbah Rukimah selama ini tinggal sendirian di sebuah bangunan rumah ukuran sekitar 7 x 4 meter yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Di rumah inilah Mbah Rukimah tidur, memasak dan melakukan aktivitas lainnya. Beberapa ekor ayam juga nampak berada di dalam rumah ini. Untuk keperluan mencuci maupun lainnya, Mbah Rukimah mengambil air dari sumur tetangga rumahnya.

Hal serupa juga dialami Mbah Saudah, yang hidup sendiri di sebuah bangunan rumah ukuran sekitar 3X5 meter dengan dinding bangunan terbuat dari anyaman bambu. Di bagian dalam rumah dibagi dua ruangan dengan sekat lembaran anyaman bambu, ruangan depan untuk menerima tamu dan ruangan belakang sebagai ruang tidur sekaligus ruang dapur.

Ditemui usai melakukan kunjungan, Irjen Pol Herry Wibowo diantaranya mengatakan di Kor Binmas Baharkam Polri ada program unggulan Promoter Kapolri berkaitan dengan door to door system atau anjangsana, seperti yang dilakukan Sabtu kemarin. Kegiatan ini merupakan perintah Kapolri untuk mengunjungi masyarakat, sekaligus selaturahim kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan perhatian atau bantuan.

Informasi ini diperoleh dari anggota yang berada di lapangan, seperti Kapolsek, Komandan Koramil, Bhabinkamstibmas dan Babinsa. Bhabinkamtibmas dan Babinsa, termasuk tokoh masyarakat, menjadi pilar terdepan sebagai backbone untuk melihat sejauhmana kehidupan masyarakat yang tentunya dapat dikomunikasikan dengan pimpinan lebih tinggi.

Polri juga ada nota kesepahaman dengan beberapa Kementerian dan Lembaga, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Desa Tertinggal maupun lainnya untuk melaksanakan seperti kegiatan ini. "Kami semua ini merupakan kepanjangan tagan dari pemerintah untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan,” tegasnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI