Kalapas Magelang Inginkan Zero Overstaying

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kegiatan teleconference Media Gathering ‘Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020’ di LP Kelas IIA Magelang, Kamis (27/2/2020). Hadir dalam acara ini dari beberapa pihak, termasuk dari jajaran LP Kelas IIA Magelang dan Bapas Magelang.

Kepala LP Kelas IIA Magelang Bambang Irawan BcIP SH MH diantaranya mengatakan beberapa Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 sudah dilakukan LP Kelas IIA Magelang. Dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular di seluruh Lapas, sudah dilakukan LP Kelas IIA Magelang bekerjasama dengan rumah sakit atau puskesmas. “Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan setiap 3 bulan sekali. Juga sudah dilakukan upaya peningkatan kualitas pelatihan ketrampilan bersertifikat, diantaranya bekerjasama dengan Kementerian PUPR,” ungkapnya.

Dalam mewujudkan zero overstaying tahanan, lanjutnya, sudah dilakukan kerjasama dengan para aparat penegak hukum. Demikian juga dengan mewujudkan penyelesaian overcrowding. Berkaitan dengan upaya peningkatan penerimaan Negara Bukan Pajak, di LP Kelas IIA Magelang dalam setahunnya sekitar Rp 16 juta hingga Rp 17 juta dari kegiatan Bimbingan Kerja Kemandirian.

Kasubsi Sarana Kerja LP Kelas IIA Magelang Tridoso P SH kepada KRJogja.com secara terpisah menambahkan kegiatan Bimbingan Kerja Kemandirian Lapas Kelas IIA Magelang ada yang dilaksanakan di luar dan di dalam Lapas. (Tha)

BERITA TERKAIT