Kali Progo Mendadak Banjir, Seorang Perumput Terjebak

MAGELANG, KRJOGJA.com – Berangkat, aliran sungai kecil. Namun saat akan pulang, aliran sungai membesar dan banjir. Itulah yang dialami Juni (50) warga yang tinggal di kawasan kaki Gunung Sumbing Kabupaten Magelang, tepatnya di wilayah Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, saat merumput di sebuah delta yang ada di tengah aliran Kali Progo Magelang, Senin (10/1/2021) sore.

Apa yang dialami Juni ini sempat memperoleh perhatian warga, termasuk warga di Perumahan Tuk Songo Kota Magelang yang berdekatan dengan lokasi. Saat itu Juni hanya dapat berdiri dan diam di seberang sungai. Karena alirannya besar dan deras, dengan air keruh, Juni tidak bisa menyeberang.

Mengetahui hal ini warga memberitahu kepada beberapa pihak. Beberapa pihak langsung menuju ke lokasi, termasuk Polsek Magelang Tengah, Polres Magelang Kota, Koramil Magelang Tengah, Kodim 0705/Magelang, BPBD Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Damkar Kota Magelang dan Kabupaten Magelang, PMI Kota Magelang, relawan dari beberapa komunitas maupun lainnya, termasuk Unit Siaga SAR Borobudur maupun tim SAR gabungan lainnya.

Upaya pertolongan pun segera dilakukan, termasuk mengirimkan baju pelampung lewat bentangan tali melintas di atas aliran sungai. Dengan menggunakan sebuah perahu karet dari Basarnas, tim SAR gabungan pun berusaha menyeberang sungai dan mendekati serta menjemput Juni.

Setelah Juni dan tim SAR Gabungan berada di atas perahu karet, proses penyeberangan untuk evakuasi pun dilakukan. Sekitar pukul 19.13 WIB Juni didampingi tim SAR gabungan berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat dan sehat.(Tha)

BERITA REKOMENDASI