Kaligesing Bertekad Bangun Sentra Durian Nasional

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Wilayah Kecamatan Kaligesing di Kabupaten Purworejo kini berupaya untuk mengokohkan diri sebagai daerah sentra durian secara nasional. Tekad ini ditekankan kembali oleh Wakil Buipati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH dalam rangkaian HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74 yang secara simbolis ditandai dengan penanaman bibit durian di Dukuh Krajan Desa Kaligono Keligesing.

Kepada masyarakat Kaligesing Yuli Hastuti berharap untuk terus melestarikan durian Kaligesing. Selain memiliki rasa enak yang khas, durian Kaligesing juga sudah terkenal hingga ke luar daerah. “Tidak menutup kemungkinan dari Kaligesing ini, kedepan Kabupaten Purworejo dapat menjadi lumbung durian nasional, karena selain Kaligesing di Purworejo juga terdapat paling tidak delapan kecamatan yang merupakan daerah penghasil durian,” katanya, Selasa (11/02/2020).

Kegiatan yang bekerjasama antara PWI Purworejo dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Purwita Sari bersama Kecamatan Kaligesing ini juga diharap mampu menjadikan Kaligesing sebagai daerah tangkapan air, dan mampu menjaga lingkungan karena kondisi geografisnya yang merupakan daerah dataran tinggi sehingga rawan terhadap berbagai bencana alam.

“Saya meminta agar masyarakat bisa memaksimalkan potensi lokal yang ada, sehingga tidak sekedar untuk menopang eonomi tapi skaligus sebagai konserfasi alam sehingga terdapat keseimbangan dalam mengelola lingkungan hidup,” tandasnya.

Masyarakat Kaligesing menurut Camat Kaligesing Haryono Ssos MM, siap mendukung pembangunan Purworejo, diantaranya diwujudkan dengan mengembangkan potensi yang dimiliki. “Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar Fest Kambing Kaligesing yang tujuannya untuk mengetahui jumlah aktual peternak lokal,” jelasnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI