Kampanye Keselamatan Jalan Digencarkan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian acara ‘Kampanye Keselamatan Jalan’ Auto Ministry of Transportation (Auto MoT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dari Banjarnegara – Wonosobo – Magelang. Safety riding juga dilaksanakan di Terminal Tidar Kota Magelang, Sabtu (20/03/2021) sore.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Marta Hardi Sarwono SE MSi mengatakan peserta naik sepeda motor dari Banjarnegara menuju Wonosobo, yang kemudian dilanjutkan ke Magelang. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya pembagian helm kepada masyarakat yang ditemui di sepanjang perjalanan dan masyarakat tersebut memang tidak mengenakan helm.

“Ini bagi kami juga tidak sekadar mengingatkan, tetapi ini juga merupakan salah satu edukasi pembinaan. Juga penanaman 100 pohon di sepanjang jalur Wonosobo di lokasi yang dinilai rawan longsor di Magelang juga ada donasi untuk masjid,” katanya.

Ketua Auto MoT Kemenhub Rangga Prasetya Dewanto kepada wartawan di sela-sela kegiatan di Terminal Tidar Kota Magelang diantaranya mengatakan setelah tahun 2020 lalu ditiadakan karena ada pandemi Covid-19, Kampanye Keselamatan Jalan kembali dilaksanakan di tahun 2021 ini. “Jadi ini setelah ‘puasa’ satu tahun, kita adakan lagi di tahun 2021 ini,” katanya.

Tema yang dipakai dalam kegiatan ini, lanjut Rangga, adalah ‘Share The Road, Ride with Health Protocols’. Meskipun dalam kegiatan ini menggunakan pengawalan, namun tetap menghormati pengguna jalan yang lain.

Selain itu dalam kegiatan ini juga dikampanyekan bagaimana cara berkendara di masa pandemi Covid-19 ini. Seluruh peserta kampanye ini juga sudah divaksin Covid-19 sebanyak 2 dosis. Auto Mot ini meliputi semua sub sektor dari Darat, Laut, Udara, Kereta Api, Litbang maupun lainnya. Jumlah peserta juga dibatasi.

Walikota Magelang dr H Muchamad Nur Aziz SpPD dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi, diantaranya mengatakan pandemi Covid-19 ini mengubah sebagian besar cara hidup. “Mau tidak mau saat ini kita masih harus berdampingan dengan Virus Corona. Namun di sisi lain life must go on,” katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI