Kampung Jawa Kebumen Diresmikan

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRJOGJA.com) – Kampung Jawa Kebumen di Kecamatan Ambal Kebumen yang mulai digagas pada bulan Agustus 2017 oleh Bupati Kebumen, Ir Muhammad Yahya Fuad, berhasil diwujudkan pada bulan Maret 2018 dan diresmikan pada 17 Maret 2018 oleh Wakil Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz.

" Gagasan membuat Kampung Jawa di Ambal ini adalah sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melestarikan budaya Jawa. Budaya Jawa dikenal sebagai budaya yang adiluhung, namun kondisinya kini kian tergerus oleh budaya manca," papar Kepala Dinas Pendidikan Kebumen, Achmad Ujang Sugiono SH, saat memberikan sambutan tertulis berbahasa Jawa dalam acara Launching Kampung Jawa Kebumen, di halaman SDN Ambalresmi 3 Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal Kebumen, Sabtu (17/03/2018).

Peresmian tersebut dikemas dalam nuansa budaya Jawa, mulai dari aneka kesenian yang ditampilkan semuanya merupakan kesenian Jawa, hingga bahasa pembawa acara maupun pejabat yang memberikan sambutan menggunakan Bahasa Jawa. Selain Kepala Dinas Pendidikan, sambutan juga dilakukan oleh Wakil Bupati, KH Yazid Mahfudz.

Selanjutnya Achmad Ujang menjelaskan bahwa dengan hadirnya Kampung Jawa yang kini menjadi salah satu ikon wisata edukasi Kebumen, Kebumen kini telah memiliki tiga kawasan 'kampung' di tiga kecamatan yang berbeda. Selain Kampung Jawa di Ambal, juga Kampung Arab di Petanahan dan Kampung Inggris di Adimulyo.

" Kami ingin budaya Jawa tumbuh subur di Kabupaten Kebumen. Sedangkan kemunculan Kampung Jawa ini sebagai sebuah obyek wisata bisa membuka peluang-peluang usaha di Kecamatan Ambal," kata Wakil Bupati Yazid Mahfudz sebelum meresmikan beroperasinya Kampung Jawa Kebumen tersebut. (Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI