Kampung Tangguh Nusantara Candi Dicanangkan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dua Kampung Tangguh Nusantara Candi (KTNC) dicanangkan di wilayah Kota Magelang, Jumat (19/06/2020). Pencanangan kedua kampung ini dilakukan dua pejabat berbeda dan sama-sama mencanangkan dengan memukul gong. Bakti sosial juga mewarnai rangkaian kedua kegiatan ini yang dilakukan dengan mendatangi langsung rumah penerima bantuan.

Pencangan dilakukan di Kampung Dumpoh Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang ini pencanangan dilakukan Seketaris Daerah Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM dengan memukul gong. Pencanangan kedua dilakukan di Kampung Botong Balong Kelurahan Magelang, dilakukan Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari setyawan, juga dengan memukul gong.

Ketua KTNC RW VII Kampung Dumpoh Prof Dr Sukarno MSi mengatakan hingga saat ini tidak ada warga di wilayahnya yang terpapar Covid-19. “Terbukti tidak ada warga kami yang PDP (Pasien Dalam Pemantauan), apalagi dinyatakan positif terjangkit Virus Corona yang sedang mewabah di dunia ini,” katanya.

Kondisi keamanan di wilayahnya, lanjut Sukarno hingga saat ini semakin aman dan terkendali. Terbukti tidak ada peristiwa atau masalah keamanan yang berarti terjadi. Faktor utama yang mendukung keberhasilan ini diantaranya soliditas dan kesadaran warga yang sangat tinggi, serta didukung semuanya, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Banyak kegiatan inovatif yang bersifat gotong royong, inisiatif warga yang telah dilaksanakan, khususnya dalam mengantisipasi dampak Covid-19, diantaranya terbentuk dan dilaksanakannya tugas pokok dan fungsi Laskar Kedu, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Gugus Siaga Covid-19. Berkaitan dengan Gugus Siaga Covid-1 juga dibentuk Gugus Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan mulai 12 Mei 2020 lalu dilaksanakan tugas bergantian, seperti di daerah lain, yang masing-masing tim terdiri atas perwakilan RT, PKK dan remaja.

Menyikapi era sekarang khususnya New Normal atau tatanan kehidupan baru, Sukarno berharap masyarakat bisa menyesuaikan diri, salah satunya dengan membentuk atau melaksanakan tugas KTNC ini. Ini perpaduan antara usaha pencegahan penyebaran Covid-19, juga pemberdayaan ekonomi dan memantapkan stabilitas keamanan di wilayah. (Tha)

BERITA REKOMENDASI