Kandang Ayam Ambruk, Peternak Rugi Ratusan Juta Rupiah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hujan lebat disertai angin kencang merobohkan kandang ayam di Desa Kesidan dan Pagak Kecamatan Ngombol. Kerugian akibat bencana itu mencapai ratusan juta rupiah.

Peternak warga Kesidan Nardi mengatakan, dua kandang berkapasitas 7.000 ayam ambruk. "Hujan lebat dan angin kencang, kandang pertama ambruk Senin (27/11/2017) dan disusul bangunan satunya kemarin malam," ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (01/12/2017).

Sedikitnya 500 ayam pedaging milik Nardi mati tertimbun. Beruntung bencana terjadi setelah Nardi memanen sebagian besar ayamnya.

Meski demikian, kerugian yang diderita Nardi diperkirakan Rp 200 juta. Angka dihitung dari infrastruktur kandang dan peralatan yang rusak tidak dapat digunakan lagi.

Nardi mengaku kebingungan cara untuk memulihkan kerugian. Ia sendiri belum membongkar dan membersihkan puing kandang karena kehabisan modal. "Nanti kalau perusahaan sudah transfer uang, akan saya pakai menyewa orang untuk bongkar reruntuhan kandang," ucapnya.

Sementara kandang ayam di Pagak milik Mugiyono dikabarkan juga roboh diterjang hujan lebat dan angin. Peternak itu menderita kerugian sedikitnya puluhan juta rupiah.

Peternak melaporkan kejadian tersebut ke desa dan kecamatan. "Harapan kami tidak sekedar didata, tetapi pemerintah bisa ikut membantu peternak, sehingga bisa pulih dan kembali usaha," tegas Nardi. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI