Kantor POM Banyumas Sita 17.242 Pieces Kosmetik Ilegal

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJoga.com – Petugas gabungan Kantor Pengawas Obat dan Makanan (POM) Banyumas, bersama Dinas Kesehatan (Dikes) di empat kabupaten di wilayah eks Banyumas menyita sebanyak 17.242 pieces kosmetik ilegal yang tidak memiliki izin edar dan mengandung bahan berbahaya.

"Kosmetik ilegal  dari berbagai merek itu disita dari kios, toko, toko modern, dan pasar di Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap," kata Kepala Kantor POM Banyumas, Suliyanto, Senin (10/12/2018) di kantornya.

Jenis  kosmitik yang disita terdiri perawatan kulit paketan, masker wajah, masker mata, lipstick,pensil alis, dan produlk skincare.

Kosmetik ilegal itu diketahui berasal dari produk lokal dan import. Berkaitan dengan temuan kosmetik ilegal itu pembuat bisa dikenai sanksi pidana pasal 191 Undand Undang Nomor 36 Tahun 2011 tentang kesehatan dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 miliar.

Suliyanto,  mengihimbau kepada pelaku usaha distributor dan pembuat kosmetik lokal untuk menaaati peraturan perundang undangan yang berlaku sebagai bentuk perlindungan kepada konsumen. Kepada masyarakat juga diminta cerdas dan proaktif, serta protektif dalam memilih kosmetik yang dibeli terutama pembelian secara online. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI