Kapasitas Terbatas, Penambahan RSU Baru Mendesak

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Penambahan unit rumah sakit umum (RSU) baru dinilai sangat  mendesak untuk kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupatren Purworejo. Mengingat kapasitas RSUD yang ada seperti RSUD Dr Tjitrowardojo sudah sangat terbatas, meskipun pengembangan terus dilakukan. Namun kebutuhan alat dan tenaga dokter juga masih sangat terbatas.

Demikian terungkap dalam forum perangkat daerah RSUD Dr Tjitrowardojo dalam penyempurnaan rancangan kerja tahun 2019 yang berlangsung di auditorium RSUD setempat, Senin (19/2).

Menurut Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo drg Gustanul Arifin MKes, RSUD tipe B yang juga menyandang status rumak sakit pendidikan yang dipimpinnnya ini sudah over load dalam menangani pasien. Termasuk pasien rawat jalan yang rata-rata sudah mengantre sejak subuh, dan mereka rata-rata pasien BPJS.

Begitupun ketika dibuka pedaftaran pasien melalui sms mulai bulan Februari ini, ternyata masyarakat juga belum menyadari. “Pernah ada sms sampai 200 kali dari nomor yang sama, akibatnya selver pelayanan blank. Padahal pendaftaran dengan sms ini maksimal hanya untuk tiga orang paseien untuk satu nomor sms,” jelasnya.

Disampiing itu banyak pula paseien tanpa rujukan langsung masuk RSUD, terutama untuk melahirkan dan diare. “Ini sangat ironi rawat inap melahirkan secara spontan, yang mestinya masih bisa ditangani di Puskesmas. Tapi kami tidak bisa menolak,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI