Kartu Tani Wujudkan Distribusi Pupuk Tepat Saran

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kabupaten Magelang dijadikan tempat kunjungan lapangan gathering dan sosialisasi penggunaan kartu tani, Rabu (17/01/2018). Kunjungan lapangan ini diikuti perwakilan dari 17 pemerintah daerah provinsi penghasil lumbung pangan di Indonesia.

Kedatangan peserta disambut Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs Eko Triyono. Dalam penyambutan di Ruang Bina Karya komplek Sekretariat Pemerintah Kabupaten Magelang, Plt Sekda Kabupaten Magelang juga membacakan sambutan tertulis Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP serta menyampaikan paparannya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekda Kabupaten Magelang diantaranya mengatakan tepat pada tanggal 17 Januari 2017 lalu Menteri BUMN, Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan RI bersama-sama melakukan launching dan distribusi serentak Kartu Tani di 21 kabupaten dan kota se Jawa Tengah, dan Kabupaten Magelang ditunjuk menjadi lokasi pelaksanaan launchingnya.

“Tujuan launching kartu tani tersebut tidak lain agar kartu tani yang didistribusikan kepada masyarakat petani dapat sebagai sarana penebusan dan pembayaran pupuk bersubsidi sebagai upaya untuk mewujudkan distribusi pupuk yang sesuai dengan asas '6 tepat', yaitu tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat tempat, tepat mutu dan tepat harga,” katanya.

Sesuai dengan data, jumlah petani di Kabupaten Magelang yang sudah terdaftar dalam SIMPi sebanyak 131.596 petani dan sudah 97,6 persen atau sejumlah 128.542 petani yang sudah menerima kartu tani. Kartu tani yang sudah diterbitkan di Kabupaten Magelang tercatat 134.033 keping, dan telah terdistribusikan 95 persen atau sekitar 128.542 kartu.

Dengan adanya kartu tani ini diharapkan masyarakat petani tidak mengalami lagi kesulitan kelangkaan pupuk bersubsidi, distribusinya pun berjalan dengan baik serta tepat sasaran, yang akhirnya target produksi yang telah ditetapkan dapat tercapai, dan masyarakat petani semakin sejahtera. (Tha)

BERITA REKOMENDASI