Kasus Dugaan Kekerasan di SMA Taruna Nusantara Masih Diselidiki

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRjogja.com – Dugaan kasus kekerasan atau bullying yang terjadi antar siswa di SMA Taruna Nusantara disesalkan oleh pihak sekolah. Kini pihak sekolah masih mencari informasi dari siswa maupun pamong mengenai dugaan kasus tersebut.

Pihak sekolah SMA Taruna Nusantara melalui Kepala Humas Drs. Cecep Iskandar, M.Pd. mengaku menyesalkan jika kejadian ini benar terjadi. Pihak sekolah juga menyesalkan langkah yang ditempuh orangtua dengan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian.

"Terlepas kebenaran kejadian ini, kami juga menyesalkan mengapa pihak orangtua langsung melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Seharusnya orangtua melaporkan hal tersebut ke pihak sekolah terlebih dahulu secara berjenjang, yaitu mulai dari Waligraha (wali asrama) yaitu pamong (guru) yang bertanggungjawab kepada siswa dalam satu asrama (graha), seandainya hal itu dilakukan kami yakin masalah ini bisa diselesaikan dengan baik," katanya, Selasa (05/09).

Kahumas SMA Taruna Nusantara mennambahkan di sekolah manapun, hubungan siswa dengan siswa lain tidak selalu mulus sempurna, kerapkali terjadi konflik dan perselisihan. Dan sejauh ini kasus-kasus perselisihan seperti itu di SMA Taruna Nusantara selalu dikelola dan dijadikan bagian dari proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial dan pematangan kepribadian dengan pendampingan penuh Pamong Pengajar Pengasuh. 

"Pihak sekolah belum bisa mencari keterangan dari siswa pelapor untuk mendapatkan duduk masalah ini karena siswa yang bersangkutan sedang mendapatkan IB (ijin bermalam) bersama orangtuanya untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan sejak hari Sabtu tanggal 2 September 2017," katanya dalam rilis kepada KRjogja.com.

Seperti diketahui orangtua korban siswa berinisial MIH melaporkan kasus kekerasan ke Polres Magelang. Menurut laporan orangtua korban, kekerasan dilakukan oleh enam teman korban di Wisma Graha Rajawali 1 kompleks SMA Taruna Nusantara, Kamis (31/8/2017). (*)

BERITA REKOMENDASI