Kasus Dukun Pengganda Uang Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri Magelang menerima penyerahan tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan berencana dukun pengganda uang asal Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang, Jawa Tengah, dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum, Kamis (13/01/2022).
Kejari Kabupaten Magelang menyatakan, tersangka IS (57) dan barang bukti sudah sesuai dengan berkas perkara penyidikan tahap satu (P21) dan saat ini resmi menjadi tahanan Kejari. Selanjutnya, akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Mungkid.
Kepala Kejaksaan Negeri Magelang, Dandeni Herdiana membenarkan, pihaknya telah menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke Jaksa penuntut Umum (Tahap II) atas kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh tersangka. “Jadi sekarang kewenangan sudah beralih dari penyidik ke penuntut umum. Jadi kita lakukan penahanan untuk 20 hari kedepan,” katanya.
Dijelaskan Dandeni, meski kewenangan sudah di penuntut umum, namun tersangka untuk sementara masih dititipkan di sel tahanan Polres Magelang untuk 20 hari kedepan. “Kita titipkan di rutan Polres Magelang. Dan untuk 20 hari itu kita akan limpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Magelang,” lanjutnya.
Untuk masa penahanan, bisa saja diperpanjang, namun pihaknya tidak akan menunggu lama-lama karena semua sudah siap. Pasal yang disangkakan yakni 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana. Ancaman maksimal hukuman mati atau seumur hidup, atau penjara 20 tahun. “Semua sudah siap. Ya paling lama satu minggu sudah kita limpahkan ke Pengadilan. Dengan demikian penahanan akan berlaih ke Pengadilan. Dan ini juga berlaku untuk kasus-kasus lainnya,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI