Kaum Disabilitas Rawan Kejahatan Sosial

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perlindungan terhadap kaum penyandang disabilitas hingga kini dinilai belum maksimal. Bahkan di masyarakat ditengerai masih banyak ancaman kejahatan sosial. Mereka terkadang juga rawan terhadap kejahatan lainnya, termasuk seksual.

“Saya tahu pemerintah sudah cukup peduli terhadap kaum penyandang disabilitas, namun perlakuan masyarakat. Bahkan bisa jadi dari orang terdekat, termasuk keluarga seringkali menjadi ancaman tersendiri,” kata Pramono Murdoko, pendamping kaum disabilitas nasional dalam saresehan dan seminar HUT Disabilitas Internasional (HDI) di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Selasa (03/12/2019) sore.

Dikatakan, bahwa kaum disabilitas hingga kini masih terpinggirkan. Termasuk kepedulian masyarakat dan keluarga. “Saya yakin hingga kini masih ada kaum disabilitas yang belum memiliki KTP, meskipun usianya sudah mencapai 17 tahun,” jelasnya.

Padahal dengan modal KTP, kaum disabilitas bisa mengakses berbagai kegiatan yang difasilitasi pemerintah. Termasuk pemerintah desa. “Sekarang dana yang mengucur ke desa cukup besar, sebagian diantaranya bisa untuk memberdayakan kaum disabilitas,” tegasnya.

Kegiatan yang dimotori Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) ini diikuti para penyandang disabilitas se Purworejo, yang dirangkai dengan berbagai kegiatan lain, diantaranya konvoi kendaraan bermotor keliling kota Purworejo, pagelaran seni budaya dan lainnya.

Pada kesempatan itu Assisten Sekda Purworejo bidang Kesra Drs H Pram Prasetyo Achmad MM mengakui, jika berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah untuk kaum disabilitas juga belum maksimal. “Tapi kita tetap akan terus berusaha agar para penyandang disabilitas ini dapat terlayani dengan baik, termasuk fasilitas umum,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI