Kaum Perempuan Didorong Menjadi Agen Perubahan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga diharap mampu menjadi agen perubahan (Agent of Change) dalam mengelola lingkungan rumah tangganya. Terutama dalam penanganan sampah sehingga sampah tidak lagi menjadi masalah, tapi justru dapat menjadi lahan baru dan menguntungkan untuk menambah pendapatan rumah tangga.

Saya juga berharap masing-masing desa untuk membentuk Bank Sampah yang dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) kepala desa (Kades). Kalau sudah terbentuk agar menyampaikan laporan ke PKK kabupaten, sebagai input data,” kata Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari SE, Senin (06/01/2019).

Disela-sela melantik Ketua TP PKK Kecamatan Purwodadi Ny Zumariah Hartono dan Ketua PKK Kecanatan Butuh Ny Gelis Utami Ikbal Nugroho SPd di kantor PKK kabupaten Ny Fatimah Verena Prihastyari menegaskan, bahwa peran perempuan dalam pengelolaan sampah rumah tangga cukup besar, sekaligus sebagai agen perubahan, mengingat sebagai ibu rumah tangga, sekaligus sebagai motivator bagi keluarga dan masyarakat.

Pengelolaan sampah juga diyakini dapat membuka lapangan kerja baru dengan daur ulang. “Bahkan melalui pengelolaan sampah, dapat membantu suami untuk menopang perekonomian keluarga,” tandasnya.

Diharap pula, bahwa camat selaku pembina PKK dapat memberikan kontribusi, motivasi, dalam memberdayakan PKK. Salah satunya terkait anggaran untuk bisa lebih diperhatikan, karena PKK juga menjadi mitra pemerintah yang turut serta mensukseskan program-program pemerintah. “Demikian juga ketika camat turun kedesa dan kelurahan, agar dapat mengingatkan khususnya penambahan dana untuk mendukung kelancaran kegiatan PKK,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI