Keasamaan Air Purworejo Tinggi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kandungan zat besi dan keasamaan air tanah di Kabupaten Purworejo dinilai cukup tinggi, sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi air. Sementara air priduksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari diharap mampu menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat, terutama untuk konsumsi.

“Kandungan zat besi air tanah di Purworejo cukup tinggi, juga keasamaannya sehingga air produksi PDAM harus terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam peresmian Gedung Teknik yang sekaligus memperingati HUT PDAM Purworejo ke-44, Senin (31/12/2018).

Pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat sangat penting, terutama untuk kebutuhan konsumsi. “Untuk kebutuhan mandi dan mencuci masih bisa menggunakan air sumur biasa atau lainnya,” jelas.

Sementara itu menurut Direktur PDAM Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo ST, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat PDAM terus melakukan pengembangan. Diantaranya dengan pembangunan dan renovasi sistem peralatan dua produksi yakni pembangunan IPA Boro 1 dan Boro 2, pembuatan reservoar kapasitas 500 meter kubik di Cabang Kutoarjo.

Ada pula pembangunan reservoar di Tuksongo, pembangunan reservoar di Condongsari Banyuurip, pengeboran ulang (redrilling di Pakis dan Condongsari Banyurip) sehingga untuk wilayah ini yang dulu PDAM belum bisa memasang sambungan baru seperti Kecamatan Purworejo, Banyuurip, Bayan, Loano, Purwodadi, Kutoarjo dan Butuh sekarang sudah bisa. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI